INDONESIA SAAT INI…

  • Salah satu dari 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia

  • Pertumbuhan ekonomi rata-rata 5% per tahun

NAMUN…

  • 26 juta masyarakat masih hidup di bawah garis kemiskinan

  • 9 juta balita di Indonesia kekurangan gizi

  • 4,6 jta anak usia sekolah tidak bersekolah

  • 1.999 kejadian bencana di tahun ini (hingga Okt 2018)

Pengertian Wakaf

DARI ABU HURAIRAH RA, RASULULLAH SAW BERSABDA: ‘APABILA SEORANG MANUSIA MENINGGAL DUNIA,
TERPUTUS DARINYA AMALNYA KECUALI DARI TIGA HAL (YAITU): DARI SEDEKAH JARIYAH,
ILMU YANG BERMANFAAT, ATAU ANAK SALEH YANG MENDOAKANNYA.”(HR. MUSLIM)

Menurut Kompilasi Hukum Islam

Pengertian Wakaf merupakan perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari benda miliknya dan melembagakannya untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadah atau keperluan umum lainnya sesuai dengan ajaran islam.

Dalam Undang-undang No. 41 Tahun 2004

Pengertian Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang mewakafkan harta benda miliknya) untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariah.

Menurut Mazhab Syafi’i

حَبْسُ مَالٍ يُمْكِنُ الاِنْتِفَاعُ بِهِ مَعَ بَقَاءِ عَيْنِهِ بِقَطْعِ التَّصَرُّفِى رَقَبَتِهِ علَى

مَصْرَفٍف مُبَاحٍ

”Menahan harta yang dapat diambil manfaatnya dengan tetap utuhnya barang, dan barang itu lepas dari penguasaan si wakif serta dimanfaatkan pada suatu yang diperbolehkan oleh agama.”

(Sumber : al-Fikih al-Islami wa Adillatuh, Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili)

Wakaf berasal dari bahasa Arab, “waqf”, yang artinya menahan, berhenti, atau diam. Secara istilah berarti harta benda yang nilai pokoknya ditahan dan manfaatnya digunakan untuk kepentingan umum yang sesuai dengan ajaran Islam.

Selama harta wakaf ini masih ada dan memberikan manfaat untuk kepentingan umum, selama itu pula pahalanya akan terus mengalir meskipun orang yang berwakaf telah tiada. Wakaf merupakan sedekah jariyah dalam bentuknya yang paling nyata.

Pengertian Wasiat

Wasiat adalah iishaa’ (memberikan pesan, perintah, pengampuan, perwalian) secara etimologi ; sebagai janji kepada orang lain untuk melaksanaan suatu pekerjaan tertentu semasa hidupnya atau setelah meninggalnya.

Sumber Fiqih Islam wa Adillatuhu, Prof.Dr.Wahbah Az-Zuhaili BAB Keempat “Washaya” hal 154

”Diwajibkan atas kamu, apabila seorang diantara kamu kedatangan (tanda-tanda) maut, jika ia meninggalkan harta yang banyak, berwasiat untuk ibu-bapak dan kaum kerabatnya secara ma’ruf. (Ini adalah) kewajiban atas orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al-Baqarah : 180)

Menurut Sayyid Sabiq

“wasiat itu adalah pemberian seseorang kepada orang lain baik berupa barang, piutang , ataupun manfaat untuk dimiliki oleh orang yang diberi wasiat setelah yang berwasiat mati.”

Pengertian Wakaf Wasiat

Wakaf Wasiat adalah perbuatan hukum seseorang atau kelompok orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian dari harta benda miliknya dan melembagakannya untuk diambil manfaatnya yang dapat dilaksanakan setelah siwakif meninggal dunia atau waktu tertentu yg sudah ditetapkan sesuai dengan ajaran Islam.

Wakaf Wasiat Property

Wakaf Wasiat Property adalah wakaf berupa harta benda (asset) milik wakif yang diwakafkan 1/3 dari jumlah harta yang dimilki dan akan diserahkan kepada nazhir wakaf ketika wakif meninggal dunia dan wakif boleh memanfaatkan harta benda wakaf tersebut selama wakif masih hidup.

Wakaf Wasiat Perusahaan

Wakaf Wasiat Perusahaan adalah wakaf berupa saham kepemilikan milik wakif yang diwakafkan 1/3 dari jumlah saham yang dimilkinya dan akan diserahkan kepada nazhir wakaf ketika wakif meninggal dunia dan wakif boleh memanfaatkan hasil dari wakaf tersebut selama wakif masih hidup

.

Wakaf Wasiat melalui Bank Syariah

Wakaf Wasiat Melalui Perbankan Syariah adalah wakaf berupa rencana wakaf melalui Virtual Account dan atau tabungan wakaf berencana menggunakan layanan perbankan syari’ah yang bekerjasama dengan nazhir.

Wakaf Wasiat Asuransi Jiwa Syariah

Wakaf Wasiat Polis Asuransi Syariah adalah wakaf berupa polis asuransi syari’ah yg mana nilai investasinya dan atau uang pertanggungannya diwakafkan oleh tertanggung utama yang diketahui oleh ahli waris bila jatuh tempo dan atau wakif meninggal dunia.

 

Program Wakaf Polis

APA DAN BAGAIMANA PROSESNYA